PROFIL

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, sudah dibentuk secara resmi, serta Kepala Unsur Pelaksana Badan tersebut, telah dilantik dan diambil sumpah oleh Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si., Pada Tanggal 28 Januari 2013 di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi. Adapun Kepala Unsur Pelaksana BPBD Kota Sukabumi yaitu Drs. Hendra Resmanda Posko BPBD Kota Sukabumi. Alamat Kantor BPBD terletak yaitu di Jl. Julius Usman No 2 atau tepatnya di samping Gedung Pendopo Kabupaten Sukabumi/UPT Pemadam Kebakaran atau yang sekarang bernama BPBD Kota Sukabumi.

BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) KOTA SUKABUMI

KEDUDUKAN, TUGAS POKOK, DAN FUNGSI

(menurut Perda Kota Sukabumi No.16 Tahun 2012 Tentang Organisasi Perangkat Daerah Kota Sukabumi)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah merupakan unsur pendukung tugas Kepala Daerah di bidang penanggulangan bencana yang terdiri dari kepala, unsur pengarah, dan unsur pelaksana.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah dipimpin oleh seorang Kepala Badan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Daerah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah sebagaimana secara ex-officio dijabat oleh Sekretaris Daerah.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah, mempunyai tugas :

  1. menetapkan pedoman dan pengarahan terhadap usaha penanggulangan bencana yang mencakup pencegahan, penanganan darurat, rehabilitasi, serta rekonstruksi secara adil dan setara;
  2. menetapkan standarisasi serta kebutuhan penyelenggaraan penanggulangan bencana berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  3. menyusun, menetapkan, dan menginformasikan peta rawan bencana;
  4. menyusun dan menetapkan prosedur tetap penanggulangan bencana;
  5. melaporkan penyelenggaraan penanggulangan bencana kepada Kepala Daerah setiap bulan dalam kondisi normal dan setiap saat dalam kondisi darurat;
  6. mengendalikan pengumpulan dan penyaluran uang dan barang;
  7. mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran yang diterima dari APBD; dan
  8. melaksanakan kewajiban lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Dalam melaksanakan tugas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah meyelenggarakan fungsi :

  1. perumusan dan penetapan kebijakan penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi dengan bertindak cepat, tepat, efektif, dan efisien; dan
  2. pengkoordinasian pelaksanaan kegiatan penanggulangan bencana secara terencana, terarah, terpadu, dan menyeluruh.

SUSUNAN ORGANISASI PERANGKAT DAERAH

Susunan organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah, terdiri dari :

  1. Kepala;
  2. Unsur Pengarah; dan
  3. Unsur Pelaksana.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah secara ex-officio dijabat oleh Sekretaris Daerah yang bertanggung jawab mengendalikan dan mengarahkan pelaksanaan tugas Unsur Pengarah dan Unsur Pelaksana.

Unsur Pengarah Badan Penanggulangan Bencana Daerah diatur lebih lanjut dengan atau berdasarkan Peraturan Kepala Daerah.

Unsur Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah terdiri atas :

  1. Sekretaris Pelaksana;
  2. Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan;
  3. Seksi Kedaruratan dan Logistik;
  4. Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi;
  5. Seksi Pemadam Kebakaran; dan
  6. Kelompok Jabatan Fungsional.

Unsur Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah dipimpin oleh Kepala Pelaksana yang membantu kepala dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi Badan Penanggulangan Bencana Daerah sehari-hari.